Cara Menginstal

  1. Kemampuan dan Fungsi

Sistem Operasi (OS) merupakan bagian dari software komputer yang berfungsi sebagai interface (penghubung) antara aplikasi user, hardware komputer, dan software komputer.

 

 

 

Karena itu, sistem operasi harus memilki kemampuan untuk bertindak sebagai :

  • Coordinator, yaitu menyediakan fasilitas sehingga instruksi yang kompleks dapat dikerjakan dalam tingkatan tertentu.
  • Guardian, memiliki access controls untuk melindungi file dan mengadakan restriksi terhadap reading/writing/executing data dan program
  • Gatekeeper, mengendalikan siapa saja yang dapat masuk ke dalam sistem momputer tersebut
  • Accountant, menjaga  kerja CPU, penggunaan memory, termasuk media penyimpan (storage devices)
  • Server, melayani aplikasi yang dibutuhkan oleh user

 

 

2.  Kategori

Berdasarkan user yang dapat dilayani, sistem operasi dapat dikelompokkan dalam dua kategori, yaitu berdasarkan :

1. Jumlah User

  • Single user

Sistem operasi yang hanya dapat melayani seorang user pada saat yang bersamaan.Yang masuk dalam kelompok ini di antaranya adalah  DOS, WINDOWS 3X, WINDOWS 9X.

 

  • Multi user

Sistem operasi yang dapat melayani lebih dari satu user pada saat yang bersamaan. Sebagai contoh adalah WINDOWS NT, UNIX, LINUX.

 

2. Jumlah Instruksi

Sistem operasi juga dapat dikelompokkan menurut jumlah instruksi yang mampu dijalankan pada saat bersamaan.

  • Mono-tasking

Sistem operasi yang hanya mampu menjalankan satu buah instruksi pada saat bersamaan.

contoh : DOS x.x

  • Multi-tasking

Sistem operasi yang dapat menjalankan lebih dari satu instruksi pada waktu bersamaan. Pada sistem ini, Sistem operasi menentukan aplikasi mana yang harus dikerjakan dan berapa waktu yang disediakan unutk aplikasi tersebut sebelum mengerjakan aplikasi yang lain. OS juga mengatur pembagian internal memory di antara aplikasi-aplikasi tersebut.

contoh : Windows

 

  1. 3.  Perkembangan Operating Sytem

Seiring dengan perkembangan jaman, maka Operating System-pun mengalami perkembangan dari tahun ke tahun, muali dari yang sangat sederhana, yaitu DOS (Disk Operating System) sampai dengan yang cukup modern seperti Windows (Windows versi 3.x sampai dengan Windows 2000), Mac OS, dan UNIX (Linux, FreeBSD, dsb).

 

Perkembangan Operating System ini tidak berlangsung seenaknya saja, tatapi sesuai dengan perkembangan jaman dan kebutuhan manusia.

 

Berikut ini kita akan membahas mengenai DOS (Disk Operating System) dan Windows, sedangkan untuk System Operasi yang lainnya (Linux) akan kita bahas pada modul yang lain.

 

  1. 4.  DOS (Disk Operating System)

DOS (Disk Operating System) adalah sistem operasi  pertama yang dijalankan pada komputer IBM PC kompatibel. Sistem operasi ini pertama kali dikembangkan oleh IBM kemudian dilanjutkan oleh Microsoft. Saat ini, meskipun Microsoft telah mengeluarkan WINDOWS yang lebih user-friendly, tetapi aplikasi DOS tetap disertakan.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, DOS merupakan sebuah sistem operasi yang bersifat single-user dan mono-tasking. DOS tidak membedakan antara penulisan command dengan huruf kecil maupun kapital.

v  Instalasi DOS

Langkah-langkahnya sbb :

  1. Siapkan diskette source DOS (ada tiga buah)
  2. Masukkan diskette #1, kemudian booting komputer. (Tekan Ctrl+Alt+Del  atau tombol Reset)
  3. Sistem akan masuk ke menu setup, ikuti petunjuk yang ditampilkan di layar.

 

v  Command (perintah) DOS

Bila kita hidupkan komputer yang memiliki sistem operasi DOS, maka kita akan melihat di layar :

 C:\>

Inilah yang disebut Command Prompt

Beberapa command penting yang ada dalam  DOS

Ada dua macam perintah dalam DOS, yaitu :

  1. 1.     Internal Command

Yaitu perintah-perintah yang dapat dijalankan langsung dari prompt hanya dengan file command.com (bersama IO.SYS dan MSDOS.SYS tentunya).

Contoh :

 

Command

Fungsi

Ver

Mengetahui versi DOS yang dimiliki oleh komputer

Dir

Melihat isi dari sebuah directory

dir/w      menampilkan isi dari sebuah directory secara melebar

               di layar

dir/p       menampilkan isi dari sebuah directory halaman demi

               halaman

dir/p/w   menampilkan isi sebuah directory melebar halaman demi

               halaman

Cd

Berpindah directory

Misalkan bila pada command promt kita ketikkan

cd dos

Maka kita masuk pada directory DOS

cd\

Pindah ke root directory (A, C, D,…….)

cd..

Pindah ke directory yang berada di atasnya

Md

Membuat directory baru

misalkan kita ingin membuat directory bernama salman, pada prompt kita ketikkan :             md salman

Rd

Menghapus directory

misal kita ingin menghapus directory salman, kita ketikkan

rd salman

copy

– Meng-copy satu file

misal untuk meng-copy file bernama EDIT.HLP dari directory DOS ke directory salman, kita ketikkan

copy c:\dos\edit.hlp c:\salman

– Meng-copy kumpulan file bertype sama

misal untuk meng-copy file berekstensi .TXT, kita ketikkan

copy *.txt c:\salman

Ren

rename file

ren nama_lama nama_baru

del

Menghapus file

del nama.ekstensi        menghapus file

del  *.ekstensi              menghapus seluruh file yang berekstensi sesuai dimaksud

 

 

  1. 2.     External Command

Yaitu perintah-perintah yang memerlukan file tertentu untuk menjalankannya.

Contoh :

 

deltree

Menghapus direktori tanpa mengosongkan dulu isinya

excopy

Meng-copy direktori termasuk isi subdirektorinya

edit

Merupakan text-editor yang disediakan oleh DOS

format ….:

memformat drive yang dimaksud

fdisk

Membuat partisi

 

v  Instalasi Aplikasi Berbasis DOS

Pada umumnya aplikasi berbasis DOS dapat langsung dijalankan hanya dengan proses Copy. Proses yang ada biasanya adalah ekstraksi dari source yang terkompresi menjadi file yang langsung dapat dijalankan.

 

v  Instalasi Peripheral Berbasis DOS

  1. Mouse

Driver yang biasa diperlukan pada instalasi mouse adalah MOUSE.COM. Kecuali untuk mouse-mouse tertentu yang menyediakan driver sendiri.

  1. CD-ROM

Yang dibutuhkan dalam instalasi CD-ROM adalah :

  1. File MSCDEX sebagai program yang menjalankan CD-ROM. Program pada file ini bekerja di bawah OS yang sudah jadi. File ini di-load dengan memberikan perintah pada file AUTOEXEC.BAT sehingga setiap kali komputer dinyalakan akan automatis menge-load CD-ROM.
  2. Driver berupa file dengan extension SYS. File ini tergantung pada CD-ROM yang kita pakai, dan tidak kompatibel antara driver satu jenis CD-ROM dengan CD-ROM jenis lain, kecuali Universal Driver. File ini di load pada file CONFIG.SYS.
  3. Card dan Peripheral lain

Instalasi card dan peripheral lain sangat spesifik dan harus merujuk pada manual yang disertakan. Untuk itu pastikan Anda mempunyai Manual-Users dari setiap peripheral yang kita miliki.

5. Windows Operating System

Dibandingkan dengan DOS, WINDOWS jauh lebih diminati karena kemampuannya yang lebih handal. WINDOWS didisain sebagai OS yang sangat users-friendly. Bandingkan dengan DOS di mana kita harus menghafal perintah-perintah yang ada. Demikian pula dalam hal tampilannya yang berbasis grafis. WINDOWS juga adalah OS yang dirancang sedemikian rupa sehingga user yang belum kenal komputer sama sekali dalam waktu yang relatif singkat dapat mengoperasikan komputer. Selain itu, WINDOWS juga memiliki kemampuan multitasking, sehingga user akan dapat lebih menghemat waktu untuk menjalankan beberapa aplikasi.

 

Windows Operating Sytem ini diproduksi oleh sebuah perusahan software terbesar di dunia untuk saat ini, yaitu MICROSOFT. Untuk mendapatkan Windows Operating System ini kita harus membelinya dengan harga yang relatif sangat mahal (bila kita membeli Windows OS yang resmi). 

 

 

Logo Windows

 

6. Perkembangan Windows

Seiring dengan perkembangan waktu, Sistem Operasi WINDOWS yang dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft mengalami perkembangan yang amat pesat. Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, WINDOWS berkembang mulai dari WINDOWS 3.1, WINDOWS 95, WINDOWS 97, WINDOWS 98 (SE) WINDOWS ME (Millenium Edition), sampai yang paling baru yakni WINDOWS  2000. Umumnya versi baru merupakan penyempurnaan dari versi sebelumnya, tetapi memilki kelemahan dalam kebutuhan komponen minimal yang harus dimiliki oleh sistem komputer kita, terutama berkenaan dengan CPU speed, RAM, dan ruang pada harddisk.

 

 
   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk dapat menggunakan Windows, hal yang pertama kali harus kita  lakukan adalah menginstall Windows tersebut pada PC yang kita gunakan. Untuk langkah peng-install-an ini, kita dapat meng-install-nya dari CD source Windows ataupun antar hard disk dan bisa juga lewat jaringan.

 

Pada proses install ini kita harus mencari file “Setup.exe” , lalu jalankan file tersebut dan ikutilah langkah-langkah yang ditampilkan pada layar monitor PC anda.

 

Setelah selesai, biasanya Windows akan melakukan penyesuaian setting dan konfigurasi pada PC anda. Pada proses ini akan dilakukan proses setting dan konfigurasi hardware, konfigurasi tanggal dan jam serta letak geografis tempat di mana anda berada, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan keadaan PC anda saat anda meng-install Windows.

 

Khusus untuk setting dan konfigurasi hardware pada komputer, terdapat istilah “Plug and Play” yang artinya bahwa bila suatu device/hardware ditancapkan dalam komputer dan kemudian komputer dinyalakan, maka automatis Windows akan mendeteksi device tersebut, selanjutnya bila Windows telah memilki drivernya Windows akan langsung menginstalnya termasuk settingnya, bila Windows tidak memilkinya maka Windows akan meminta driver device tersebut. Plug and Play ini diperkenalkan sejak diluncurkannya Windows 95. Fasilitas ini tidak terdapat pada Windows versi sebelumnya.

 

Peripheral yang langsung dideteksi Windows misalnya mouse, keyboard, CD-ROM, beberapa VGA card dan Sound card, dan beberapa device lain.

 

Windows yang telah kita install ini hanyalah merupakan sebuah operating system bagi PC, sedangkan untuk software-software aplikasi yang akan kita gunakan, kita harus meng-install-nya terlebih dahulu (untuk proses peng-installan-nya hampir mirip dengan proses install pada Windows). Begitu pun bila kita ingin menghapus suatu aplikasi, kita tidak dapat dengan del-del saja, tetapi harus mengikuti prosedur berupa uninstall, karena bila kita main-main dengan del, akan terjadi kekacauan pada system karena ada missing link atau resources yang digunakan oleh beberapa program.

 

Beberapa contoh aplikasi yang sering digunakan :

 

Norton Utilities adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk menjaga sistem agar dapat bekerja secara optimal. Aplikasi ini menyediakan fasilitas untuk mengatasi problem harddisk, defragment, masalah Windows, benchmarking, dan beberapa aplikasi lainnya.

 Program lain yang sejenis adalah Dr Solomon, PcCillin

 

1. Tools dan Sekuriti

 

 

 

 

 

 

 

 
 

Norton Antivirus adalah sebuah program untuk menjaga sistem dari gangguan virus. Bila ada virus yang masuk sistem, program ini akan memperingatkan user dan segera mengatasinya. Program lain yang sejenis adalah McAffee

 

 

 

 

 

 

 

 
 

WinZip …. sebuah program untuk mengkompres file

 

 

 

2. Office dan Grafik

             

 

 
 

Microsoft Office

kumpulan beberapa program yang sangat diperlukan untuk pembuatan dokumen, homepage, publikasi, presentasi, database, dan pembukuan.

 

 

 

 

 

 

 

 
 

Adobe Photoshop sebuah program untuk mengolah gambar sekaligus dapat membuat animasi untuk keperluan homepage. Program lain yang sejenis adalah CorelDraw,PhotoDraw

 

 

 

 

 

3. Entertainment

 

 

       
 

WinAmp sebuah program untuk menjalankan file bertipe mp3

Program lain yang sejenis : Jet Audio,

 

 
   

VCDPowerPlayer sebuah program untuk memutar VCD

Program lain yang sejenis : Jet Audio, VCDCutter, XingM

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Beberapa aplikasi memiliki autorun setup. Sehingga, bila kita masukkan source berupa CD-ROM maka kita langsung dibimbing untuk proses instalasi aplikasi tersebut

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk lebih jelasnya mengenai proses install dan setting pada Windows ini, silakan anda lihat pada JOB SHEET dan lakukanlah prakteknya!!!.

 

7. Mengenal Lebih Jauh Mengenai Kontrol Panel

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Accessibility Options, berfungsi terutama untuk mengatur input device berupa keyboard dan mouse. Inilah fasilitas yang diberikan Windows untuk memfungsikan keyboard sebagai mouse.
  2. Add New Hardware, telah dijelaskan di depan. Yakni, untuk instalasi device baik yang plug and play ataupun tidak.
  3. Add/Remove Program
    1. install/uninstall aplikasi
    2. windows setup untuk install/unistall aplikasi yang disediakan oleh Windows
    3. membuat start up disk win98

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

       
   
 
   

pilih salah satu program untuk di-remove, lalu klik button ini

 

 

 

 

 

 

 

                                   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Date/Time, berfungsi untuk mengatur penanggalan dan waktu
  2. Desktop Theme, mengatur tampilan desktop terdiri dari wallpaper, bacground, font, pointer, serta sound scheme
  3. Display, mengatur tampilan pada layar sesuai dengan keinginan kita.

Terdiri atas : background, screen saver, wallpaper, dan appearance.

  1. Fonts, shortcut ke windows/fonts lokasi penyimpanan type fonts yang dimiliki oleh sistem.
  2. Game controller, setting terhadap game-pad yang kita miliki.
  3. Internet Option, setting hubungan dengan internet.
  4. Keyboard, mengatur properti keyboard terdiri atas : repeat rate, repeat delay dan kecepatan cursor
  5. Mouse, properti untuk mouse. Terdiri atas : right/left handed, kecepatan double klik, pilihan jenis pointer, kecepatan gerakan dan trail (ekor).
  6. Multimedia, berkenaan dengan multimedia device yang kita miliki seperti sound card, dan bagaimana settingnya.
  7. Password, untuk personalize setting untuk tiap user yang berbeda.
  8. Power Management, mengatur power supply untuk komputer. Fasilitas yang ada diantaranya adalah stand by atau pun waktu untuk mematikan monitor dan harddisk secara otomatis.
  9. Sounds, mengatur sound scheme yang kita inginkan.
  10. System, berisi informasi tentang sistem yang ada.
  1. versi windows yang di –install
  2. data pemilik
  3. Processor dan Memory
  4. Device yang ada dalam sistem

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s